KARTASURA, Jum’at 7 Agustus 2020. Acara DK3 (Diskusi Keislaman, Kebangsaan dan Kebudayaan) merupakan salah satu program unggulan Smalka yang ditunggu para siswa setiap pekannya. DK3 kali ini mengangkat tema yang sedang hangat diperbincangkan tentang dunia pendidikan yakni “Menilik Keputusan Muhammadiyah, NU dan PGRI Keluar dari Program Organisasi Penggerak (POP) Kemendikbud”.

Siswa yang bertugas diantaranya Faiz Nur Arsalan kelas XI IPS sebagai notulen, Husain Faqih Kelas X IPS sebagai moderator, dan Fandi Achmad Ghani kelas XI IPS sebagai moderator. Diskusi berjalan dengan lancar. Selama 60 menit para siswa saling memberikan pertanyaan maupun tanggapan kepada pemateri mengenai tema diskusi.

Salah satu tujuan diselenggarakannya acara Diskusi Keislaman, Kebangsaan dan Kebudayaan (DK3) ini adalah untuk melatih para siswa berpikir kritis, peka terhadap lingkungan sekitar dan memupuk rasa nasionalisme.

Biasanya DK3 dilaksanakan di ruang perpustakaan dan dihadiri oleh seluruh siswa dan guru. Di era pandemi kali ini DK3 dilaksanakan secara online melalui aplikasi Google Meet namun tidak mengurangi antusiasme para siswa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Tidak hanya siswa dari SMA Muhammadiyah Al Kautsar PK saja yang diperbolehkan untuk mengikuti, namun acara ini terbuka untuk umum juga.